Rabu, 09 Juni 2010

8 Peristiwa Setelah Hari Kiamat dan Nama Lainnya

Peristiwa Setelah Hari Kiamat
1. Yaumul Barzah, adalah hari penantian seluruh umat manusia yang telah    meninggal. Yaitu nanti masa       dibangkitkan manusia dari alam kubur untuk menhadap kepada Allah guna mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatan ketika di dunia.
2. Yaumul Ba'as, adalah hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur.
3. Yaumul Mahsyar, adalah hari dikumpulkannya manusia setelah dibangkitkan dari alam kubur, untuk menunggu pengadilan dari Allah SWT.
4.Yaumul Hisab, adalah hari perhitungan amal perbuatan manusia selama selama hidup di dunia.
5.Yaumul Mizan, adalah penimbangan amal perbuatan manusia setelah diperhitungkan baik buruknya selama hidup di dunia.
6. Sirat,  adalah jalur atau jalan penentu dari masing-masing manusia stelah dihisab dan ditimbang amal baik buruknya. Pada tahap ini manuisa akan ditentukan msuk neraka atau masuk surga . Hal ini tergantung amal baik dan amal buruk.
7. Syafaat, adalah pertolongan yang diperoleh umat manusia yang beriman, Islam dan ihsan. Pertolongan tersebut berasal dari amal perbuatan yang baik ketika di dunia. Bagi orang beriman dan beramal saleh kelak pada hari Kiamat akan mendapat syafaat berupa kemudahan dan keringanan dari berbagai kesulitan yang dihadapi.
8.Surga dan Neraka, adalah tempat terakhir pembalasan manusia. Bagi yang beramal baik akan masuk surga dan sebaliknya orang yang beramal buruk akan masuk neraka. 

Nama-Nama Lain Hari Kiamat

  1. Yaumul Akhir atau hari akhir, maksudnya adalah hari yang paling akhir dalam kehidupan manusia. Setelah peristiwa kiamat ini tidak akan dijumpai hari-hari lain kecuali hari akhir. Segala peristiwa dan kejadiannya sudah tidak sama dengan alam di dunia.
  2. Yaumul kiamat atau hari kiamat, maksudnya hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya pada waktu hidup di dunia.
  3. Yaumul hisab atau hari perhitungan, maksudnya segala amal perbuatan manusia akan dihitung, sebesar apapun perbuatan tersebut baik perbuatan yang buruk maupun perbuatan yang baik. Perhitungan ini tidak akan mengalami kesalahan. Amal perbuatan manusia akan diperhatikan dan dimintai pertanggungjawabannya.
  4. Yaumul jaza’ atau hari pembalasan amal,  maksudnya manusia yang melakukan amal kebaikan akan mendapat balasan surga, sedang manuisa yang melakukan amal perbuatan yang buruk atau dosa akan mendapat balasan neraka.
  5. Yaumul fasli atau hari keputusan, maksudnya setiap manuisa di hari akhir nanti akan mendapatkan keputusan terakhir tentang nasibnya. Hal ini sesuai dengan amal perbuatannya pada waktu di dunia.
  6. Yaumul taqabun atau hari kerugian, maksudnya pada hari kiamat nanti, dengan segala keputusan dan kepastian yang diperoleh dari Allah, semuanya akan mengalami kerugian, terutama bagi mereka yang tidak memperbanyak amal kebaikan dan saleh pada waktu di dunia.
  7. Yaumul hasyr atau hari penyesalan, maksudnya setiap manusia akan menyesal dengan segala amal perbuatannya. Bagi mereka yang tidak berbuat baik akan menyesal mengapa ketika hidup di dunia tidak patuh kepada Allah. Sedang mereka yang berbuat baik akan menyesal mengapa tidak memperbanyak amal saleh.
  8. Yaumul waid atau hari ancaman, maksudnya pada hari kiamat nanti manusia yang berbuat buruk di dunia akan mendapat siksaan dari Allah SWT.
  9. Yaumud hid atau hari pertanggungjawaban agama, maksudnya pada hari kiamat nanti setiap manusia akan mempertanggungjawabkankebenaran agama yang dianutnya.

33 komentar:

  1. Artikelnya sangat membantu gua gan , ni udah gua follow blog ente , tolong follow juga blog ane gan ...... terimakasih http://debbyrfs.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Thanks gan :) untuk persiapan UTS agama islam nih, hehehe . . .

    BalasHapus
  3. wahhh keren banget nihh artikel,mmbantu banget bgi pelajar, mdah mdahan yg ngebuat nih masuk surgah dehh

    BalasHapus
  4. thanks gan ngebantu bgt buat presentasi besok :v hehehe

    BalasHapus
  5. Makasih gan.. sangat membantu :)

    BalasHapus
  6. thanks buat info yg membantu ini

    BalasHapus
  7. Thanks kl sangat membantu nih...

    BalasHapus
  8. Thanks kak. Sangat membantu untuk US👍🖖👏

    BalasHapus
  9. Thanks gan sungguh membantu nih

    BalasHapus
  10. Thankzz..artikelx ngebantu bgt

    BalasHapus
  11. Thankzz..artikelx ngebantu bgt

    BalasHapus
  12. Wah bagus banget buat nambah ilmu agama

    BalasHapus
  13. Thx, sgt membantu untuk UAS besok😂

    BalasHapus
  14. Thx, sgt membantu untuk UAS besok😂

    BalasHapus
  15. Bagus sekali. Ini menyadarkan kita pasti hari akhir akan datang

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, jadi semakin kuat keyakinan saya, terimakasih ya artikel nya

    BalasHapus

 
Copyright 2012 Bang Cermat. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates